FUNGSI DAN MANFAAT ANGGARAN

Anggaran merupakan suatu rancangan yang disusun secara sistematis yang dinyatakan dalam bentuk angka yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu atau periode tertentu pada masa yang akan datang. Dalam anggaran ini angka tersebut dinyatakan dalam bentuk unit moneter, karena dinyatakan dalam bentuk unit moneter, maka anggaran sering kali disebut dengan nama rencana keuangan.
Anggaran perusahaan memiliki hal yang sangat penting yaitu dalam hal kegiatan dan satuan uang suatu perusahaan, semua kegiatan perusahaan harus direalisasikan dengan satuan uang dan dinyatakan dalam bentuk kualitatif. Sehingga anggaran dapat digunakan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi suatu perusahaan.

Fungsi Anggaran
Anggaran memiliki banyak fungsi dalam suatu perusahaan atau organisasi, adapun fungsi anggaran adalah sebagai berikut :
Fungsi Pelaksanaan
Anggaran merupakan salah satu pedoman dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, sehingga pekerjaan tersebut dalam dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diinginkan bersama. Jadi, anggaran sangat penting dalam hal menyelaraskan atau mengkoordinasi setiap bagian kegiatan.

Fungsi Perencanaan
Anggaran memberikan gambaran dan ilustrasi yang jelas dalam masalah unit dan uang suatu perusahaan atau organisasi.

Misalnya pada tahun 2020 perusahaan merencanakan akan memperoleh laba setinggi mungkin, rencana yang dirumuskan setinggi-tingginya ini tidak jelas konteksnya. Karena laba yang didapatkan perusahaan dengan setinggi-tingginya akan berbeda. Dalam penyusunan anggaran besarnya laba dirumuskan secara nyata serta teliti yaitu laba dinyatakan dalam bentuk kualitatif.
Fungsi Penawaran
Anggaran merupakan salah satu alat pengawasan atau pengendalian. Pengawasan berarti melakukan evaluasi atau menilai atas pelaksanaan suatu pekerjaan dengan cara :

Membandingkan realisasi dengan anggaran.
Melakukan tindakan perbaikan apabila dipandang perlu (jika terjadi penyimpangan yang merugikan perusahaan).
Manfaat Anggaran
Anggaran memiliki banyak manfaat dalam kegiatan perusahaan atau organisasi yaitu antara lain :

Dapat memotivasi pegawai.
Menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap pegawai.
Dapat digunakan sebagai alat menilai kelebihan dan kekurangan pegawai.
Segala bentuk kegiatan perusahaan dapat terarah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
Alat pendidikan bagi manajer.
Menghindari pemborosan dan pembayaran sesuatu yang tidak perlu.
Memperbaiki sumber daya seperti peralatan, tenaga kerja, dan dana yang digunakan dapat dimanfaatkan seefisien mungkin.
Menghubungkan aktivitas perusahaan dengan trend dalam dunia usaha.
Mengakibatkan pemakaian alat-alat fisik secara lebih efektif.
Membantu dan menunjang kebijaksanaan suatu perusahaan atau organisasi.
Mengerahkan seluruh tenaga kerja dalam perusahaan dalam menentukan arah atu kegiatan yang paling menguntungkan.
Membantu mengkoordinasikan faktor manusia dengan perusahaan.
Menentukan tujuan-tujuan suatu perusahaan.
Mengetahui kelemahan-kelemehan dalam suatu perusahaan atau organisasi.
Mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan.
Adanya suatu perencanaan yang terpadu dalam pekerjaan perusahaan.
Selain itu, penyusunan anggaran memiliki manfaat sebagai berikut :

Adanya suatu perencanaan terpadu
Anggaran memiliki manfaat sebagai alat penyusunan rencana suatu perusahaan serta untuk menjalankan pengendalian terhadap berbagai kegiatan perusahaan atau organisasi secara menyeluruh.

Sebagai alat evaluasi kegiatan perusahaan
Anggaran yang disusun dengan baik akan menerapkan standar relevan dan memberikan pedoman bagi setiap perusahaan dalam menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Sebagai alat pengawasan kerja
Target sangat diperlukan dala penyusunan anggaran, dan target tersebut akan dibandingkan dengan realisasinya, sehingga pelaksanaan setiap aktivitas dapat dinilai kinerjanya dengan baik. Dalam menentukan standar dalam acuan, diperlukan pemahaman yang realistis dan analisis secara seksama terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi.

Sebagai alat pengkoordinasian kerja
Anggaran dapat memperbaiki koordinasi kerja intern suatu perusahaan. Sistem anggarakan memberikan gambaran operasi perusahan secara menyeluruh. Oleh karena itu, sistem anggaran memungkinkan para manajer divisi untuk melihat hubungan antarabagian (divisi).

Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan
Anggaran dapat memberikan pedoman yang baik dan berguna bagi manajemen puncak maupun manajemen mengengah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL DESKRIPTIF MANAJEMEN STRATEGIK

RESUME DESAIN DAN PERILAKU ORGANISASI

PENGANGGARAN PERUSAHAAN