SOAL UTS MENSTRA
SOAL UTS MANAJEMEN STRATEGIK
1. Bagaimana cara merumuskan visi dan misi yang baik?
2. Sebutkan dan jelaskan tahap proses manajemen
strategik menurut david (1999)?
3. Jelaskan fungsi manajemen puncak dalam suatu
organisasi!
4. Sebutkan dan jelaskan peran/fungsi analisis
lingkungan menurut pendapat Certo dan Peter!
5. Jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh
suatu perusahaan dalam merumuskan strategi!
JAWABAN :
1.
Visi dan misi
perusahaan merupakan salah satu hal yang membentuk inti bisnis, harus mampu
menggambarkan apa yang akan dicapai oleh perusahaan.
§ Visi harus
berorientasi ke masa depan (future), untuk
jangka waktu yang lama.
§ Visi harus
bisa meyakinkan semua elemn tentang masa depan yang lebih baik.
§ Visi harus
mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai.
§ Visi harus
menginspirasi, mampu mengorbarkan semangat dan komitmen semua elemen
perusahaan.
§ Visi harus
mampu mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan ke arah yang lebih baik.
§ Visi harus
menjadi dasar perumusan misi dan tujuan organisasi.
§ Visi harus
seharusnya tidak multi tafsir agar bisa dijadikan sebagai acuan yang
mempersatukan semua pihak dalam perusahaan.
§ Pernyataan
misi harus menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh
perusahaan.
§ Rumusan misi
selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan “tindakan” dan bukan kalimat yang
menunjukkan “keadaan” sebagaimana pada rumusan visi.
§ Satu
indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi. Antara indikator
visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya
secara jelas.
§ Misi
menggambarkan tentang produk atau pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat
§ Kualitas
produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki daya saing yang tinggi,
namun disesuaikan dengan kondisi organisasi.
2.
3 tahapan proses
manajemen stretegi :
a.
Perumusan Strategi (Strategy Formulation). Perumusan strategi
adalah tahap awal pada manajemen strategi, yang mencakup mengembangkan visi dan
misi, mengidentifikasi peluang eksternal organisasi dan ancaman, menentukan
kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan tujuan jangka panjang, menghasilkan
strategi alternatif, dan memilih strategi tertentu untuk mencapai tujuan.
b.
Implementasi
Strategi (Strategy Implemented). Implementasi strategi adalah tahap selanjutnya sesudah perumusan
strategi yang ditetapkan. Penerapan strategi ini memerlukan suatu keputusan
dari pihak yang berwenang dalam mengambil keputusan untuk menetapkan tujuan
tahunan, menyusun kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber
daya sehingga strategi yang dirumuskan dapat dilaksanakan. Pada tahap ini
dilakukan pengembangan strategi pendukung budaya, merencanakan struktur
organisasi yang efektif, mengatur ulang usaha pemasaran yang dilakukan,
mempersiapkan budget, mengembangkan dan utilisasi sistem informasi serta
menghubungkan kompensasi karyawan terhadap kinerja organisasi.
c.
Evaluasi Strategi (Strategy Evaluation). Evaluasi strategi
adalah tahap akhir dalam manajemen strategis. Manajer sangat membutuhkan untuk
tahu kapan strategi tertentu tidak bekerja dengan baik; Evaluasi strategi
adalah alat utama untuk memperoleh informasi ini. Hal tersebut dapat dilakukan
dengan penilaian atau melakukan proses evaluasi strategi. Dalam penilaian
strategi terdapat tiga aktivitas penilaian yang mendasar, yaitu: Peninjauan
ulang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan bagi strategi
saat ini, Pengukuran kinerja, dan Pengambilan langkah korektif. Penilaian
strategi sangat diperlukan oleh suatu perusahaan karena strategi yang berhasil
untuk saat ini tidak selalu berhasil untuk di masa yang akan datang.
3.
Beberapa tugas atau fungsi utama Manajer yang berada
di manajemen tingkat atas ini diantaranya adalah sebagai berikut :
a.
Menentukan Tujuan Perusahaan – Manajemen tingkat atas
ini merumuskan tujuan utama organisasinya, dapat berupa tujuan jangka panjang
maupun tujuan jangka pendeknya.
b.
Membuat kerangka Rencana dan Kebijakan – Manajemen
tingkat atas membuat kerangka rencana dan kebijakan untuk mencapai tujuan utama
yang telah ditetapkan.
c.
Mengorganisir kegiatan dan pekerjaan yang akan
dilakukan oleh manajer-manajer di tingkat menengah.
d.
Mengumpulkan dan mengatur sumber daya organisasi atau
perusahaan seperti sumber daya keuangan, aset tetap, tenaga kerja dan lain
sebagainya untuk melakukan kegiatan sehari-hari dalam organisasi.
e.
Bertanggung jawab atas kelangsungan dan pertumbuhan
hidup organisasi/perusahaan.
f.
Sebagai penghubung dengan dunia luar seperti bertemu
dengan pejabat pemerintah, pemasok, pesaing, pelanggan, media dan lain-lainnya.
4.
Secara khusus, peran atau fungsi analisis llingkungan
bagi tiap perusahaan tentu saja berbeda-beda. Namun secara umum jika kita
mengacu kepada pendapat Certo dan Peter, maka ada tiga peran utama yaitu :
a. Policy-Oriented
Role. Yaitu peran analisis yang berorientasi pada kepada kebijakan manajemen
tingkat atas dan bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan
memberikan informasi bagi manajemen tingkat atas tentang kecenderungan utama
yang muncul dalam lingkungan.
b. Integrated
Strategic Planning Role. Peran ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja
organisasi dengan membuat manajemen tingkat atas dan manajer divisi menyadari
segala isu yang terjadi di lingkungan perusahaan memiliki implikasi langsung
pada proses perencanaan.
c. Function
Oriented Role. Peran ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi dengan
menyediakan infomasi lingkungan yang memberi perhatian pada efektivitas kinerja
fungsi organisasi tertentu.
5. Langkah 1 :
Mengidentifikasi misi organisasi saat ini, tujuan dan strategi. Setiap
organisasi membutuhkan sebuah misi, pernyataan tujuannya. Mendefinisikan
misi manager untuk mengidentifikasi apa itu yang harus dilakukan dalam bisnis.
Misalnya, misi avonis "untuk menjadi perusahaan yang paling memahami
terbaik dan produk memuaskan, layanan, dan kebutuhan pemenuhan diri perempuan
di tingkat global. Misi Facebook adalah" sarana sosial yang menghubungkan
Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. "pernyataan-pernyataan ini
memberikan petunjuk apa organisasi ini lihat sebagai tujuan mereka.
Langkah 2 :
Melakukan analisis eksternal. Menganalisis lingkungan yang
merupakan langkah penting dalam proses manajemen strategik. Manajer melakukan
analisis eksternal sehingga mereka tahu, misalnya, apa yang dilakukan pesaing,
apa peraturan hukum yang mungkin mempengaruhi organisasi, atau apa pasokan
tenaga kerja seperti di lokasi di mana ia beroperasi. Dalam sebuah analisis
eksternal, manajer harus memeriksa komponen ekonomi, demografi, politik /
hukum, sosial budaya, teknologi, dan global untuk melihat tren dan perubahan.
Langkah 3 :
Melakukan analisis internal. Memberikan informasi penting tentang
organisasi sumber daya tertentu dan kemampuan. Sebuah sumber organisasi adalah
aset. Keuangan, fisik, manusia dan tidak berwujud. Yang menggunakan untuk
mengembangkan, memproduksi, dan memberikan produk untuk pelanggan itu. Di sisi
lain, kemampuan tersebut adalah keterampilan dan kemampuan dalam melakukan
aktivitas kerja yang dibutuhkan dalam usahanya. Nilai utama menciptakan
kemampuan organisasi yang dikenal sebagai kompetensi inti. sumber daya dan
kompetensi inti menentukan organisasi senjata kompetitif.
Langkah 4 :
Merumuskan strategi.Langkah 5 : Mereka
harus mempertimbangkan realitas lingkungan eksternal dan sumber daya yang
tersedia dan kemampuan untuk merancang strategi yang akan membantu sebuah
organisasi mencapai tujuannya. Tiga jenis utama dari strategi manajer akan
merumuskan termasuk perusahaan, kompetitif, dan fungsional.
Langkah 5 : Mengimplementasikan
strategi. Sekali strategi dirumuskan mereka harus diimplementasikan. Tidak peduli
seberapa efektif suatu organisasi telah merencanakan strategi, kinerja akan
menderita jika strategi tidak diterapkan dengan benar.
Langkah 6 :
Mengevaluasi hasil. Langkah akhir dalam proses manajemen strategik adalah
mengevaluasi hasil. Seberapa efektif strategi membantu organisasi mencapai
tujuannya? penyesuaian apa yang diperlukan? Setelah menilai hasil strategi
sebelumnya dan menentukan bahwa perubahan yang diperlukan.
Komentar
Posting Komentar