Kisi-kisi UAS Pengantar Bisnis

Mata Kuliah         : Pengantar Bisnis
Dosen Pengampu : Fitri Fauziah, S.Pd, MM


Soal :

  1. Jelaskan menurut pendapat anda mengenai Strategi Pemasaran! Mengapa Promosi dan Distribusi setiap perusahaan berbeda?
  2. Jelaskan menurut pendapat anda, mengapa perusahaan besar yang sudah Go Public pembelanjaannya harus memiliki modal dari Investor?
  3. Jelaskan upaya perusahaan dalam menjaga moral perusahaan!
  4. Jelaskan bagaimana pengawasan yang baik terhadap produksi & produktivitas!
  5. Apakah akuntansi dan anggaran memiliki pengaruh terhadap kebijakan strategi perusahaan?
Jawaban :
  1. Strategi Pemasaran (Markering Strategy) adalah serangkaian upaya untuk memasarkan suatu produk berupa barang/jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Strategi Pemasaran memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan/bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik harga maupun barang. Ada 3(tiga) faktor penentu nilai harga barang & jasa yaitu; 1) Produksi, 2) Pemasaran, 3) Konsumsi. Dalam hal ini, pemasaran adalah bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi. Menurut Kotler dan Amstrong (2008) Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan manfaat dari hubungan mereka dengan konsumen. Setiap perusahaan dituntut untuk menyusun perencanaan pemasaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Salah satu unsur penting dari perencanaan pemasaran adalah promosi dan distribusi. Pemasaran memegang peranan penting demi kelangsungan hidup perusahaan. Selain produk yang berkualitas, haga bersaing, saluran distribusi yang mudah di jangkau, promosi adalah penentu keberhasilan pemasaran.
  2. Peran Investor bagi perusahaan adalah untuk tambahan modal usaha. Ekspansi Bisnis, perusahaan akan memiliki keleluasaan untuk melakukan usaha ekspansi bisnis, karena semakin bisnis berkembang semakin besar pula operasional yang dibutuhkan. Menjaga arus kas, untuk mengatasi kelancaran arus kas perusahaan memerlukan investor dalam membayar biaya operasional, gaji karyawan, dan tagihan lainnya. Menambah investaris usaha, Menambah dan menjaga aset. Penambahan dan perawatan asset akan berpengaruh pad abanyaknya produksi yang dilakukan perusahaan.
  3. Memiliki etika dalam bekerja dan menjalankan tugas dengan baik, menjadi standard pedoman bagi karyawan dan manajemen perusahaan, memiliki citra baik bagi konsumen, memiliki kepercayaan pelanggan, memperhatikan kepentingan bersama dan menjunjung tinggi nilai moral akan membuat perusahaan lebih unggul.
  4. Pengawasan yang baik terhadap Prouksi dan Produktivitas dengan memastikan seluruh aliran proses produksi, memastikan penghematan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan, mengendalikan sumber daya, mempertahankan standar kualitas melalui siklus hidup produksi. Pengawasan Produktivitas karyawan dilihat dari kehadiran, kedisiplinan kerja, keseharian dalam bekerja dan hasil kerjanya.
  5. Akuntansi dan anggaran sangat memengaruhi kebijakan strategi perusahaan agar dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Faktor Internal; data penjualan tahun lalu, kebijakan perusahaan, kapasitas produksi, tenaga kerja, modal kerja & fasilitas perusahaan. Faktor Eksternal; Persaingan dan tingkat penghasilan masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL DESKRIPTIF MANAJEMEN STRATEGIK

RESUME DESAIN DAN PERILAKU ORGANISASI

PENGANGGARAN PERUSAHAAN